SALAM AKAL SEHAT

Friday, May 17, 2019

Konfigurasi Perangkat Dasar CISCO

Tugas Mandiri Pertemuan 9

Mata Kuliah : Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hallo sobat, disini saya akan menerangkam bagaimana cara membuat Konfigurasi Perangkat Dasar CISCO menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Dalam pembuatan jaringan ini kita memakai 1 buah switch dan 1 buat PC. Semua sudah terdapat di dalam aplikasi Cisco Packet Tracer tersebut. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

  1. Kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Cisco Packet Tracer, setelah terinstall aplikasi tersebut kita buka aplikasi tersebut, setelah itu kita klik End Device. Pilih PC, lalu kita klik Network Device. pilih Switches.
  2. Kita hubungkan dari PC ke Switches menggunakan Console.
  3. Doubble klik PC, pilih Fast Ethernet.
  4. Doubble klik Switches, pilih Fast Ethernet.
  5. Dan setelah terhubung antara PC dan Switches, selanjutnya kita klik CLI.
  6. Dibawah ini adalah tampilan pertama saat kita membuka CLI pada Switches.
  7. Dan terakhir adalah tampilan saat melakukan Konfigurasi malalui CLI pada Switch dengan memasukan IP Address yang ada pada slide Jaringan komputer.

Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwitch yang cukup besar.

Beberapa fungsi switch yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, switch bertugas bagaimana cara mengirim paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat, switch juga bertugas untuk mencari jalur yang paling baik dan optimal serta memastikan pengiriman paket data yang efesien ketujuannya.



Sekian penjelasan dari saya mengenai bagaimana cara Konfigurasi Perangkat Dasar Cisco sederhana menggunakan Cisco Packet Tracer. Semoga isi dalam blog ini bermanfaat untuk sobat sekalian dan semua mahasiswa yang ingin mengetahui dan sedang mempelajari ilmu IT khususnya dibidang Jaringan Komputer.
Trimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment